Pengertian dan tujuan membaca



1.Pengertian membaca 
Membaca pada hakekatnya adalah suatu yang rumit yang melibatkan banyak hal, karena dalam membaca tidak hanya melafalkan tulisan-tulisan, melainkan melobatkan aktivitas visual, berpikir, psikolinguistik, dan metakognitif. Membaca sebagai proses visual, karena membaca adalah aktivitas menterjemahkan symbol-simbol bunyi (huruf) kedalam kata-kata lisan. Membaca sebagai proses berfikir, karena dalam membaca melibatkan aktivitas pengenalan kata, pemahaman literal, interpretasi dan pemahaman kreatif.
* Jenis – jenis pengertian membaca :
-  Membaca adalah kegiatan merespon lambing-lambang cetak atau lambing-lambang tulis dengan pengertian yang tepat. (Harjasudana dan Maryati)
-   Membaca adalah suatu kegiatan berbahan untuk memahami lambing-lambang bunyi bahasa yang tertulis baik bersuara ataupun tidak dalam memahami informasi-informasi yang disajikan (Herususanto).
-   Membaca adalah proses psikologis ,proses sensorik, proses perceptual, dan proses perkembangan (Harras dan sulistianingsih).

  • Proses psikologis : kesiapan membaca sangat dipengaruhi oleh proses- proses psikis, sepertimotivasi, minat, dan latar belakang social ekonomi. 
  • Proses sensorik membaca mulai dari melihat dengan indra penglihatan. 
  • Proses perseptual : dalam membaca persepsi dimulai dari melihat dan mendengar.
  • Proses perkembangan : membaca merupakan proses perkembangan disepanjang hidup seseorang.
 
2.Tujuan membaca
Kegiatan membaca yang dilakukan oleh seseorang tentu memiliki tujuan tertentu. Namun pada dasarnya membaca memiliki dua tujuan. Yaitu tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan umum membaca adalah untuk mencari dan mendapatkan informasi dari sumber yang dibaca
Ø  secara khusus Tarigan (2008:7) mengemukakan bahwa membaca memiliki beberapa tujuan sebagai berikut:
1. Membaca untuk menemukan atau mengetahui penemuan-penemuan yang telah dilakukan oleh para penemu. Membaca seperti ini disebut membaca untuk memperoleh perincian atau fakta (reading for details or facts).
2. Membaca untuk mengetahui mengapa hal tersebut merupakan topic yang baik atau menarik. Membaca seperti ini disebut membaca untuk memperoleh ide-ide utama (reading for mains ideas).
3. Membaca untuk mengetahui apa yang terjadi pada setiap bagian cerita. Membaca seperti ini disebut membaca untuk mengetahui urutan atau susunan (reading for sequence or organization).
4.Membaca untuk mengetahui serta menemukan mengapa para tokoh merasakan. Membaca seperti ini disebut membaca untuk menyimpulkan, membaca inferensi (reading for inferensi).
5. Membaca untuk mengetahui dan menemukan apa-apa yang tidak bisa atau tidak wajar mengenai seorang tokoh. Membaca seperti ini disebut membaca untuk mengelompokkan (reading for classify).
6. Membaca untuk mencari atau menemukan apakah tokoh berhasil atau hidup dengan ukuran-ukuran tertentu. Membaca seperti ini disebut membaca untuk menilai (reading tu evaluate).
7. Membaca untuk menemukan bagaimana caranya tokoh berubah. Membaca seperti ini disebut membaca untuk membandingkan atau mempertentangkan (reading for compare or contrasts).


Referensi :https://www.google.com/

0 Comments

Posting Komentar