1.Pengertian membaca
Membaca pada hakekatnya adalah suatu yang
rumit yang melibatkan banyak hal, karena dalam membaca tidak hanya melafalkan
tulisan-tulisan, melainkan melobatkan aktivitas visual, berpikir,
psikolinguistik, dan metakognitif. Membaca sebagai proses visual, karena
membaca adalah aktivitas menterjemahkan symbol-simbol bunyi (huruf) kedalam
kata-kata lisan. Membaca sebagai proses berfikir, karena dalam membaca
melibatkan aktivitas pengenalan kata, pemahaman literal, interpretasi dan
pemahaman kreatif.
* Jenis – jenis
pengertian membaca :
- Membaca adalah kegiatan merespon
lambing-lambang cetak atau lambing-lambang tulis dengan pengertian yang tepat.
(Harjasudana dan Maryati)
- Membaca adalah suatu kegiatan berbahan untuk
memahami lambing-lambang bunyi bahasa yang tertulis baik bersuara ataupun tidak
dalam memahami informasi-informasi yang disajikan (Herususanto).
- Membaca adalah proses psikologis ,proses
sensorik, proses perceptual, dan proses perkembangan (Harras dan
sulistianingsih).
- Proses psikologis : kesiapan membaca sangat dipengaruhi oleh proses- proses psikis, sepertimotivasi, minat, dan latar belakang social ekonomi.
- Proses sensorik membaca mulai dari melihat dengan indra penglihatan.
- Proses perseptual : dalam membaca persepsi dimulai dari melihat dan mendengar.
- Proses perkembangan : membaca merupakan proses perkembangan disepanjang hidup seseorang.
2.Tujuan membaca
Kegiatan membaca yang dilakukan oleh seseorang tentu memiliki tujuan tertentu. Namun pada dasarnya membaca memiliki dua tujuan. Yaitu tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan umum membaca adalah untuk mencari dan mendapatkan informasi dari sumber yang dibaca
Kegiatan membaca yang dilakukan oleh seseorang tentu memiliki tujuan tertentu. Namun pada dasarnya membaca memiliki dua tujuan. Yaitu tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan umum membaca adalah untuk mencari dan mendapatkan informasi dari sumber yang dibaca
Ø secara khusus
Tarigan (2008:7) mengemukakan bahwa membaca memiliki beberapa tujuan sebagai
berikut:
1. Membaca untuk menemukan atau mengetahui
penemuan-penemuan yang telah dilakukan oleh para penemu. Membaca seperti ini
disebut membaca untuk memperoleh perincian atau fakta (reading for details or
facts).
2. Membaca untuk mengetahui mengapa hal tersebut
merupakan topic yang baik atau menarik. Membaca seperti ini disebut membaca
untuk memperoleh ide-ide utama (reading for mains ideas).
3. Membaca untuk mengetahui apa yang terjadi pada
setiap bagian cerita. Membaca seperti ini disebut membaca untuk mengetahui
urutan atau susunan (reading for sequence or organization).
4.Membaca untuk mengetahui serta menemukan
mengapa para tokoh merasakan. Membaca seperti ini disebut membaca untuk
menyimpulkan, membaca inferensi (reading for inferensi).
5. Membaca untuk mengetahui dan menemukan apa-apa
yang tidak bisa atau tidak wajar mengenai seorang tokoh. Membaca seperti ini
disebut membaca untuk mengelompokkan (reading for classify).
6. Membaca untuk mencari atau menemukan apakah
tokoh berhasil atau hidup dengan ukuran-ukuran tertentu. Membaca seperti ini
disebut membaca untuk menilai (reading tu evaluate).
7. Membaca untuk menemukan bagaimana caranya
tokoh berubah. Membaca seperti ini disebut membaca untuk membandingkan atau
mempertentangkan (reading for compare or contrasts).
Referensi :https://www.google.com/
0 Comments
Posting Komentar