Pengertian Web Responsive Design

PENGERTIAN WEB RESPONSIVE
                Menurut Herbowo (2012:4-8) Responsive Web Design adalah sebuah cara agar hasil desain yang dibuat dapat menyesuaikan lebar maumpun posisi di sebagian atau semua resolusi dari perangkat yang digunakan. 

Web Responsive Design (RWD) pada dasarnya menunjukkan bahwa situs web dibuat menggunakan W3C CSS3 media dengan cairan proposisi berbasis grid, untuk beradaptasi tata letak dengan melihat lingkungan flatfrom dan browser akan memiliki akses ke satu sumber konten, ditata sehingga mudah dibaca dan navigasi dengan mengubah ukuran, panning dan scrolling.


Menurut Maimaharani dan Laily (2014:357) Web responsive design pertama kali diperkenalkan oleh Ethan Marcitte pada artikelnya yang sangat inspiratif Web Responsive Design. Semakin banyaknya perangkat yang muncul dengan berbagai ukuran, maka sebuah situs perlu untuk mengenali ukuran perangkat pengguna. Ketika masih berfikir saat ada perangkat baru yang dirilis dan akan memperbaharui situs agar sesuai, maka harus mencari solusi yang lebih efektif dan responsive bagaimana cara agar situs hanya mengakui lebar browser saja tanpa melakukan pembaharuan yang lebih spesifik. Yang membedakan web responsive dengan website yang lain yaitu penggunaan W3C CSS3 media dengan cairan proposisi berbasis grid, sehingga dapat fleksibel diterapkan diberbagai gadget yang ada.

Sumber Buku  :
Herbowo, Agus Rahmat. 2012. Web Responsive Desain Untuk Berita Menggunakan Framework Codeigniter. Universitas Gunadarma, diakses tanggal 5 juni 2015.

Meimaharani, Rizkysari, and Diana Laily. Perancangan E-Commerce Goody Bag Spunboand Menggunakan QR Code Berbasis Web Responsive. Prosiding SNATIF, diakses tanggal 5 juni 2015.

0 Comments

Posting Komentar