Ribbon (kumpulan menu) pada Microsoft Excel

Mengenal Ribbon pada Microsoft Excel

Tampilan Gambar Halaman Ribbon



Ribbon adalah sekumpulan tombol menu seperti toolbar yang terletak dibagian jendela atas Excel dan tidak lagi menggunakan Pulldown menu (menu yang menurun ke bawah).
v  Sebuah ribbon dalam Microsoft Excel 2007 atau 2010 biasanya terdiri dari tiga bagian adalah sebagai berikut:
1.    Tab digunakan untuk mengaktifkan ribbon tertentu.   
2.  Group bar,merupakanbalok yang menunjukan  tombol-tombol pintas.tombol berupa kotak kecil yang terletak di sisi kanan tersebut hanya terdapat dalam group tertentu.
3.  Command Button ,Memiliki beberapa bentuk diantaranya tombol biasa, tombol menu ,check box,drop down, dan panel berisi daftar pilihan. Tombol-tombol tersebut berfungsi untuk mengaktifkan tugas-tugas tertentu. Salah satu contohnya tombol menu Bold.
v  Selain ketiga bagian tersebut ribbon jiga memiliki tujuh buah tab yang sangat berperan.
Ø  Home ,yaitu ribbon yang selalu aktif pada saat excel 2007 atau 2010 diaktifkan .
Ø  Insert, digunakan untuk menyisipkan objek-objek seperti, Gambar, table, dan chart ke               dalam  spreadsheet.
Ø  Page layout,digunakan untuk mengatur tata letak halaman dan themes.
Ø  Formulas, digunakan untuk menyusun formula sel.
Ø  Data, tombol-tombol yang berhubungan dengan pengolahan data.
Ø  Review digunakan untuk pemeriksaan spreadsheet.
Ø  View, digunakan untuk menentukan tampilan oada spreadsheet.
Ø Add-ins, sebuah tab yang berisi menu tambahan, dan dapat ditambahkan ke dalam aplikasi excel 2007 atau 2010.

0 Comments

Posting Komentar