Pengertian Reliabilitas

               Reliabilitas merupakan penerjemahan dari kata reliability yang mempunyai asal
kata rely nyangartinya percaya dan reliabel yang artinya dapat dipercayakjan
Keterpercayaan berhubungan dengan ketepatan dan konsistensi. Test hasil belajar
dikatakan dapat dipercaya apabila memberikan hasil pengukuran hasil belajar yang
relatif tetap secara konsisten. 
    
Beberapa ahli memberikan batasan reliabilitas
                 Menurut Thorndike dan Hagen (1977), Reliabilitas berhubungan dengan akurasi instrumen dalam mengukur apa yang diukur, kecermatan hasil ukur dan seberapa akurat seandainya dilakukan pengukuran ulang. Hopkins dan Antes (1979:5) menyatakan reliabilitas sebagai konsistensi pengamatan yang diperoleh dari pencatatan berulang baik pada satu subjek maupun sejumlah subjek.
                  Menurut Sugiono (2005) Pengertian Reliabilitas adalah serangkaian pengukuran atau serangkaian alat ukur yang memiliki konsistensi bila pengukuran yang dilakukan dengan alat ukur itu dilakukan secara berulang.Reabilitas tes adalah tingkat keajegan (konsitensi) suatu tes, yakni sejauh mana suatu tes dapat dipercaya untuk menghasilkan skor yang ajeg, relatif tidak berubah walaupun diteskan pada situasi yang berbeda-beda.
                  Menurut Sukadji (2000) Reliabilitas suatu tes adalah seberapa besar derajat tes mengukur secara konsisten sasaran yang diukur.Reliabilitas dinyatakan dalam bentuk angka, biasanya sebagai koefisien.Koefisien tinggi berarti reliabilitas tinggi.
                  Menurut Nursalam (2003) Reliabilitas adalah kesamaan hasil pengukuran atau pengamatan bila fakta atau kenyataan hidup tadi diukur atau diamati berkali – kali dalam waktu yang berlainan.
                  Jadi, dari berbagai definisi reliabilitas dapat disimpulkan bahwa reliabilitas berhubungan dengan kemampuan alat ukur untuk melakukan pengukuran secara cermat.Reliabilitas merupakan akurasi dan presisi yang dihasilkan oleh alat ukur dalam melakukan pengukuran.
     

0 Comments

Posting Komentar