Pengertian MySQL

Pengertian MySQL Adalah

Dalam bukunya Nugroho (2004:29) MySQL (My Strukture Query Languange) atau yang biasa dibaca “mai-se-kuel” adalah sebuah program pembuat database yang bersifat open sorce, artinya siapa saja boleh menggunakannya dan tidak dicekal. 

             MySQL sebenarnya produk yang berjalan pada platform linux. karena sifatnya yang open source, dapat dijalankan pada semua platform baik windows maumpun Linux. selain itu, MySQL juga merupakan program pengakses database yang bersifat jaringan sehingga dapat digunakan untuk aplikasi multi user (banyak pengguna). saat ini database MySQL telah digunakan hampir oleh semua programmer database, apalagi dalam pemrograman web. 
            Kelebihan lain dai MySQL adalah menggunakan bahasa Query standar yang dimiliki SQL (Structure Query Languange). SQL adalah suatu bahasa permintaan yang terstruktur yang telah distandarkan untuk semua program pengakses database seperti oracle, Posgres SQL, SQL Server, dan lain-lain. 
         Sebagai sebuah program penghasil databse, MySQL  tidak dapat berjalan sendiri tanpa adanya sebuah aplikasi lain (interface). MySQL dapat didukung oleh hampir semua program aplikasi baik yang open source seperti PHP maumpun yang tidak, yang ada pada platform windows seperti Visual Basic, Delphi, dan lainnya .



0 Comments

Posting Komentar